Uncategorized

Raport Kuning Rekruitmen CPNS 2010

Deputi SDM Kemen PAN-RB Warning Ponorogo

 PONOROGO – Rekruitmen CPNSD tahun 2010 telah usai. Peserta ujian yang telah dinyatakan diterima, pada pertengahan bulan Juli ini akan menerima surat keputusan (SK) pengangkatan sebagai calon pegawai (capeg) yang segera dapat mulai bekerja dan mendapatkan gaji sesuai mekanisme yang berlaku.Namun, beberapa catatan kecil masih menyisakan persoalan terkait pelaksanaan CPNSD di Ponorogo. Berbagai persoalan itu diharapkan tidak terjadi ditahun yang akan datang. Sehingga pelakasaan recruitmen CPNS dapat berjalan dengan transparan.

Hal itu sebagaimana disampaikan Ramli Naibaho, Deputi Sumber Daya Manusia (SDM) Kemen PAN-RB beberapa waktu lalu di Jakarta, yang kemudian mendapat banyak dukungan dari warga Ponorogo yang merindukan pelaksanaan rekruitmen secara transparan, fair dan jauh dari issue jual beli kursi SPNS.

Ramli Naibaho menyatakan, seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur ditegur karena beberapa hal. Seperti, seleksi ditingkat kabupaten/ kota harus berkoordinasi dengan pemprov, agar seleksi berjalan transparan. Namun kenyataannya, kabupaten/ kota berjalan sendiri-sendiri. Selain itu, Deputi SDM itu juga mengungkapkan, seluruh Badan Kepegawaian daerah (BKD) tidak melaporkan salinan hasil penilaian atau rangking (peringkat) seleksi ke Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Sehingga diharapkan setelah seleksi berada dibawah koordinasi pemprov, salinan peringkat ujian bisa disetorka secara serempak.

Sigit Priambodo, Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Cakap, Aktif dan Kreatif (Cakra) saat ditemui Selasa (5/7) kemarin mengatakan, teguran yang dilayangkan kepada seluruh kabupaten/ kota seluruh Jawa Timur, termasuk Ponorogo, sudah sangat tepat. Pasalnya, pelaksanaan rekruitmen CPNS khususnya di Ponorogo banyak terjadi dugaan kecurangan.

Bahkan, teguran Deputi SDM Kemen PAN-RB menunjukkan keseriusan pemerintah pusat dalam pelaksanaan rekruitmen CPNS yang transparan. “Poin teguran itu sudah sangat jelas, jika pemerintah daerah melalui BKD telah melaksanakannya sesuai mekanisme. Jelas tidak mungkin seorang Deputi SDM Kemen PAN-RB memberikan teguran,” imbuhnya.

Dia juga mengatakan, teguran keras Deputi SDM Kemen PAN-RB harus menjadi cambuk bagi pemerintah daerah untuk bekerja lebih berbenah diri dimasa yang akan datang, Terutama soal rekruitmen CPNS. Sehingga pelaksanaan benar- benar memihak rakyat dan transparan. “Berharap pemerintah daerah dapat membenahi diri,” tandasnya.

Sementara, terkait kabar tersebut dibantah pihak Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Ponorogo. Syaifur Rachman, Kepala BKD Ponorogo  menegaskan bahwa rekrutmen CPNS Ponorogo 2010 tidak ada masalah. “Untuk Kabupaten Ponorogo tidak ada masalah. Kami sudah memenuhi juklak dan juknis sehingga tuduhan itu tidak benar,” kilahnya. Menurutnya, BKD siap menunjukkan kejelasan di BKN kepada LSM dan media. “Jika pingin kejelasan silahkan bersama staf saya ke BKN biar semuanya lebih terbuka,“ tegasnya. (elno/ha)

Advertisements

About mediamataraman

Ini Situs Online koran mingguan yang terbit di kota reyog Ponorogo. Terbit setiap hari Rabu

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: