Edisi 173

Ringga Novian Saputra Siswa SMAN 1 Badegan Lolos Paskibraka Jatim

Runner Up Nasional, Satu-satunya di Eks Karesidenan

WONG Ponorogo patut berbangga. Adalah Ringga Novian Saputra, siswa SMAN 1 Badegan ini lolos seleksi menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Jawa Timur tahun 2011. Hasil kerja keras Ringga bahkan menuai hasil luar biasa. Ia mampu menjadi Runner Up Paskibraka Tingkat Nasional satu-satunya di Eks Karesidenan Madiun. Prestasi yang diukir pelajar asli kecamatan Sampung ini disambut bangga keluarga besar SMAN 1 Badegan yang dikenal dengan sebutan Nityadharaka tersebut.

AGUS SHOFWAN RIFAI/MM

Perjuangan Ringga Novian Saputra, siswa kelas X-2 hingga lolos seleksi Paskibraka tingkat Jatim melalui proses seleksi yang sangat ketat. Anak pertama pasangan Misiran dan Tri Warsini warga dukuh Sampung Kidul, desa Sampung, kecamatan Sampung ini berhasil menggeser 380 pelajar dari 38 kabupaten/kota di Jatim yang mengikuti seleksi. Masing-masing daerah diwakili lima putra dan lima putri. Dan Ringga pun menjadi bagian dari sepuluh wakil dari Ponorogo ini.

Ringga menjelaskan, seleksi tingkat nasional digelar di Dinas Pemuda dan Olahraga Jatim pada Selasa 24 Mei lalu. “Dari 380 itu, diciutkan menjadi 76 pelajar, kemudian mengerucut menjadi 28 pelajar,” kata Ringga ditemu di sekolah. Dari 28 pelajar itu, kata dia, dipilih dua terbaik (putra/putri) untuk dikirim menjadi anggota  Paskibraka tingkat nasional. Sedangkan 26 pelajar lainnya menjadi anggota Paskibraka tingkat Jatim. “Selain masuk menjadi anggota paskibraka Jatim bersama 26 peserta lainnya, saya juga masuk di kompetisi paskibraka tingkat nasional,” bebernya.

Perjuangan kerasnya membuah hasil luar biasa. Ringga berhasil menduduki urutan kedua atau runner up paskibraka tingkat Nasional. Meski begitu ia tetap mensyukuri capaian prestasinya ini. “”Lolos seleksi tingkat Jatim saja sudah senang apalagi tingkat nasional saingannya berat, tapi syukurlah saya bisa terpilih mewakili Jatim,” katanya. Apalagi, lanjutnya, ia adalah satu-satunya siswa yang berhasil menjadi runner up nasional di Eks Karesidenan.

Pelajar yang aktif di OSIS ini mengaku tidak menduga kalau terpilih menjadi anggota Paskibraka Jatim bahkan runner up nasional yang selama ini menjadi impian jutaan pelajar Indonesia. “Ini sungguh luar biasa. Saya tak menyangka,” katanya. Itulah mengapa ia berjanji akan berusaha semaksimal mungkin untuk menjadi yang terbaik sebagai anggota Paskibraka Jatim. “Saya akan berusaha menjadi yang terbaik karena membawa nama Ponorogo,” katanya.
Ia mengatakan, sebelumnya sudah mempersipkan diri menghadapi rangkaian seleksi. “Persiapan saya tidak hanya latihan fisik yang kuat, melainkan intelejensia seperti kemampuan berbahasa Inggris maupun pengetahuan lainnya. Selain itu saya berlatih keterampilan seperti olah vokal, komputer maupun keahlihan lainnya,” urai pelajar yang mengaku memiliki tinggi tubuh 176 cm ini.
Setelah lolos seleksi paskibraka Jatim, Ringga bakal menjalani proses latihan sekitar bulan Juli. “Setelah ini kita akan diundang mengikuti karantina di Surabaya. Mohon doa restu semoga saya diberi kelancaran menjalaninya,” harapnya.

Ia mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah yang telah membekali dan membimbing selama ini. “Tidak rugi dah sekolah di SMAN 1 Badegan. Disini saya mendapatkan pelayanan paripurna,” sebutnya.

Prestasi anak didiknya ini disambut bangga keluarga besar sekolah. Kepala SMAN 1 Badegan, Drs. P. Sandoyo, M.Pd mengaku pihaknya memang getol mengembangkan bakat siswa melalui berbagai kegiatan ekstra. “Di SMAN 1 Badegan ada sekbid yang menangani paskibraka ini setiap tahunnya. Yakni di sekbid pendidikan pendahuluan bela negara dan kehidupan berbangsa dan bernegara,” terangnya. Lewat sekbid ini sekolah menggandeng pihak kepolisian dan TNI untuk melatih siswa yang telah disiapkan untuk mengikuti seleksi. “Kegiatan itu dilakukan dalam bentuk latihan dan berbagai pembinaan. Seperti latihan baris berbaris, upacara bendera, penguatan karakter dan bimbingan lainnya,” sebutnya. Ia berharap, prestasi ini bisa menjadi insprasi siswa lain untuk meraih prestasi lainnya. “Intinya sekolah kami itu memberikan layanan paripurna baik di bidang akademik maupun non akademik,” tukasnya. (***)

Advertisements

About mediamataraman

Ini Situs Online koran mingguan yang terbit di kota reyog Ponorogo. Terbit setiap hari Rabu

Discussion

One thought on “Ringga Novian Saputra Siswa SMAN 1 Badegan Lolos Paskibraka Jatim

  1. Telek dossss hahah

    Posted by Anonymous | 18/12/2013, 1:45 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: